Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BAB 5 RINGKASAN DAN SOAL 15 "ATIKA RACHMAWATI"


 BAB 5 MEMASUKKAN DAN MENYUNTING DATA PADA EXCEL 2007

     A.    Tipe Data Masukkan
      Berikut ini adalah prosedur memasukkan berbagai macam tipe data tersebut :
1.      Teks atau label
Data tipe teks adalah kombinasi antara huruf, angka, spasi, dan tanda baca lain yang tidak dapat digunakan untuk operasi matematika.
Langkah untuk memasukkan dta tipe teks ke suatu sel adalah sebagai berikut:
a)      Kilik penunjuk sel pada posisi sel yang akan diisi data masukkan.
b)      Ketik data yang diingikan.
c)      Tekan Enter, Tab atau geser mouse untuk berpindah ke posisi sel lain.
 
 2.      Angka atau numeric
Data tipe angka meliputi karakter angka 0 sampai 9, dan karakter khusus meliputi: +-/.,() dan %.
Langkah untuk memasukkan data tipe angka sebagai berikut:
a)      Klik mouse pada posisi sel anda saat akan memasukkan data angka.
b)      Ketik angka, untuk angka negative diawali dengan tanda –(kurang) atau diapit dengan tanda kurung ().
c)      Tekan enter, default format angka ditempatkan rata kanan.
3.      Tanggal  dan waktu
a)      Klik mouse pada posisi sel untuk menempatkan data tanggal atau waktu.
b)      Ketik tanggal dan waktu dalam format yang ingi anda tampilkan menggunakan tanda hubung kurung (-) atau garis miring (/), misalkan 10 maret 2007 jam 20;15 dapat diketik dengan format 10/03/07 20;15, 10-03-07 20;15 tergantung setting pada computer.
c)      Tekan tombol enter untuk mengakhiri data masukkan.

     B.     Entri data berurutan
     Untuk memasukkan data berurutan (rangkaian) data, misalnya nomor urut, dengan cara sebagai berikut:
1.      Klik sel A2, kemudian ketik angka 1.

2.      Klik sel A3, kemudian ketik angka 2.
3.      Sorot Range A2:A3.
4.      Tempatkan mouse pointer di pojok
kanan bawah dari range tersebut,
sehingga membentuk symbol +.
5.      Klik dan jangan lepas, kemudian geser hingga sel akhir, misalnya sampai A6.
6.      Lepaskan tombol mouse dan hasilnya terlihat sebagai berikut,
                         
                   Selain dengan cara tersebut di atas, membuat nomor urut dapat juga dilakukan dengan cara    berikut,
1      .      Klik sel A2,kemudian ketik angka 1.
2      .      Tempatkan mouse pointer dipojok kanan bawah pada sel A2 tersebut, sehingga membentuk simbol plus+
3      .      Tekan tombol Ctrl dan jangan dilepas.
4      .      Klik dan jangan lepas, kemudian geser hingga sel akhir, yaitu sampai sel A6.

Formula atau rumus tentu saja dapat digunakan untuk membuat entri data berurutan. Cara yang digunakan adalah sebagai berikut:
1.      Klik sel A2, kemudian ketik angka 1.
2.      Ketik sel A3.
3.      Ketik =.
4.      Klik sel A2, kemudian + 1, sehingga di layar terlihat formula + A2 +1.
5.      Tekan tombol enter atau klik ikon enter pada formula bar.
6.      Tempatkan mouse pointer di pojok kanan bawah pada sel A3 dan akan terlihat simbol plus hitam (+).
7.      Klik dan jangan dilepas, kemudian geser (drag) hingga sel akhir, yaitu sampai sel A6.
8.      Lepaskan tombol mouse dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas.
Apabila anda akan membuat data tanggal berurutan, gunakan cara berikut,
1.      Klik sel tertentu sesuai keinginanya, misal A1.
2.      Ketik data awal tanggal, misalnya 1/5/10 untuk tanggal 1 mei 2010.
3.      Tempatkan mouse pointer di pojok kanan bawah pada sel A1, sehingga membentuk simbol (+).
4.      Klik dan jangan dilepas, kemudian geser (drag) hingga sel akhir yaitu sampai sel A10.
                                                        

                  
      C.     Memilih data
Memilh data adalah salh satu langkah awal sebelum melakukan proses copy, memindahkan data.
1                    .      Klik sel awal, misal A1.
2                    .      Tekan tombol shift dan jangan dilepas.
3                    .      Klik sel akhirmisalnya E6.

      D.    Format data
1.      Pilih data yang akan di hapus.
2.      Tekan tombol delete.
3.      Data yang anda pilih atau sorot akan terhapus.
selain dengan cara tersebut di atas, menghapus data dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1.      Pilih data yang akan dihapus
2.      Pada tab home dan dalam group editing, klik tombol clear.
3.      Klik salah satu pilihan penghapusan sesuai keinginan, misalnya clear all untuk menghapus data beserta formatnya.
4.      Selain pilihan tersebut, anda dapatmemilih pilihan berikut.
a.       Clear format digunakan untuk menghapus format pada sel atau range yang dipilih.
b.      Clear contents digunakan untuk menghapus data.
c.       Clear comentsdigunakan untuk menghapus catatan pada suatu sel.

      E.     Memindahkan data
1.      Pilih atau sorot data yang akan dipindahkan.
2.      Pada tab home dan dalam group clipboard, klik icon cut atau takan tombol Ctrl + X.
3.      Pindahkan penunjuk sel pada sel lain sesuai keinginan.
4.      Pada tab home dan dalam group clipboard klik icon paste atu tekan Ctrl + V.






 
                                                                                            
      F.      Duplikat data
1.      Duplikat data ke tempat lain
Apabila anda akan menduplikat data ke tempat lain, maka gunakan cara:
a.       Pilih data yang di copy
b.      Pada tab home dalam group clipboard, klik icon copy atau tekan tombol Ctrl + C.
c.       Tempatkan penunjuk sel pada posisi baru sesuai keinginan
d.      Pada tab home dan dalam group clipboard, klik ikon paste atau tekan tombol Ctrl + V atau Shift + Insert.

2.      Menyalin format dengan format painter
a.       Pilih data yang formatnya akan di copy misalnya A2:E7
b.      Pada tab home dan dalam group clipboard, klik format painter.
c.       Klik sel H2.


      G.    Membuat range atau blok sel
Range atau blok sel dapat dibuat dengan beberapa cara:
1.      Membuat range menggunakan tombol shift
a.       Tempatkan penunjuk sel di awal range atau bagian awal sel yang ingin di blok.
b.      Sambil menekan shift, tekan tombol anak panah sampai sel tujuan.
2.      Membuat range menggunakan mouse
a.       Klik sel di awal, pointer mouse harusberada dalam keadaan tanda plus warna putih.
b.      Sambil tetap menekan klik kiri mouse, gerakan mouse ke sel tujuan.
3.      Membuat kolom atau baris
Suatu kolom atau baris dapat disorot dengan mengeklik huruf kolom atau nomor baris yang anda inginkan.
4.      Menyorot sederatan kolom atau baris
a.       Klik di huruf kolom atau di nomor baris awal.
b.      Sambil tetap menekan tombol mouse kiri, geserlah pointer mouse hingga menyorot seluruh baris itu.
 
 
        H.    Duplikasi data
Sel terbentuk dari alamat kolom dan baris, misalnya kolom E dan baris 3, maka kita kenal dengan sebutan sel E3. Sedangkan range terbentuk dari kumpulan sel tertentu yang berada pada daerah yang sama misalnya sel E3, E4, dan E5, maka kita sebut dengan istilah range E3:E5. Alamat sel terdiri dari:
1.      Sel relatif
Alamat sel relatif adalah alamat sel yang apabila dicopy akan menyesuaikan tau akan berubah. Dengan demikian, apabila alamat sel tersebut berisi suatu formula atau rumus, maka nilai perhitungan tersebutan akan menyesuaikan.

               
2.      Sel absolut
Alamat sel absolut merupakan alamat sel yang tidak akan berubah apabila dicopy. Alamat sel absolut tersebut terdiri dari alamat sel semi absolut dan absolut mutlak. Sel semi absolut ditandai dengan $ pada kolom atau baris. Apabila simbol $ berada pada posisi baris, maka disebut absolut baris, misalnya B$4, dan apabila simbol $ berada pada posisi kolom, maka disebut absolut kolom, misalnya $c1, sedangkan apabila $ berada diposisi kolo dan baris, maka disebut dengan absolut mutlak, misalnya $B$4.
 


                       Untuk menyelesaikan hal tersebut, gunakan cara berikut:
a.       Klik sel B4
b.      Ketik =
c.       Ketik sel A4
d.      Ketik *
e.       Klik B1, sehingga terlihat =A4*B1
f.       Klik ikon enter pada formula bar

I       I.  Memasukkan rangkaian data dengan fasilitas autofill
1.      Klik sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang ingin anda buat. Misalnya pilih klik sel B2.
2.      Klik data awal yang anda inginkan. Misalnya teks “jan”.
3.      Pada sel berikutnya  (sel di bawah/B3 atau disampingnya/C2) ketik data berikutnya yang anda inginkan. Misalnya di B3 ketik “feb”.
                   4.      Bloklah B2:B3                    
5.   Dalam keadaan masih tersorot, arahkan penunjuk ke pojok kana bawah selB3 hingga tanda plus putih berubah menjadi plus hitam.
6.   Tekanlah tombol kiri mouse dan geser atau drag posisi pointer mouse ke sel yang diinginkan misalnya B12. Dengan ini rangkaian data akan ditampilkan.
 
 J      G.       Menggunakan fasilitas autocalculate dan autosum
1.     Autocalculate
fasilitas autocalculate untuk melakukan perhitungan dengan cepat dan mudah dari data yang cukup banyak dalam suatu range tertentu. Terdapat enam buah perintah, yaitu perintah otomatis untuk menghitung rata-rata (Average), jumlah data (count), banyak data angka (count nums), nilai max (max), nilai min (min), dan jumlah data angka (sum).
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut,
a.       Sorot range data yang akan dikalkulasi atau dihitung. Misal sorot rane C7:C12 dari data seperti di bawah ini:

b.      Klik tombol kanan mouse di baris status dan pilihlah jenis kalkulasi yyang anda inginkan
c.       Hasilnya akan ditampilkan dibaris status.
2.      Autosum
Fungsi autocalculate di atas digunakan untuk menghitung cepat data-data yang cukup banyak tetapi tidak dapat menuliskan secara otomatis di lembar kerja anda. Khususnya untuk penjumlahan  (Sum), ada cara mudah yang lain untuk melakukannya, sekaligus juga dapat langsung menuliskannya kelembar kerja anda. Caranya adalah dengan menggunakan tombol toolbar autosum (O). Misalnya dalam contoh di atas, bila kita ingin menuliskan total unit, letakkan lah pointer mouse pada tempat yang kita inginkan (misalnya C13), lalu tekan tombol O di toolbar. Selanjutnya sorot range yang ingn dijumlahkan (dalam contoh ini adalah C5:C10) dan tekan enter.


PERTANYAAN:

1. Di bawah ini yang bukan termasuk tipe data masukkan adalah....
     a.Teks       b.Angka       c.Waktu        d.Range        e.Tanggal

2. Langkah pertama untuk memasukkan data tipe teks, yaitu....
     a.Klik penunjuk sel    
     b.Klik mouse
     c.Tekan enter
     d.Klik sel
     e.Klik sel A2

3. Karakter angka 0 sampai 9, dan karakter khusus meliputi, + - / . , ( ) dan % merupakan tipe data....
     a.Teks       b.Tanggal         c.Angka       d.Waktu       e.Image

4. Salah satu langkah awal sebelum melakukanproses copy, memindahkan data atau fomat data                 disebut....
   a.Format data            b.Memilih data    
   c.Entri data baru        d.Data masukkan      e.Memindahkan data

5. Untuk menghapus data pada lembar kerja yaitu menggunakan....
    a.Tombol delete        b.Enter       c.Pg up         d.F7       e.F5

6. Untuk memberi border pada bagian bawah tabel yang di blok, menggunakan ikon....
   a.bottom border
   b. top border
   c. left border
   d. right border
   e.all border

7. Untuk menghitung rata-rata dengan sepat dan mudah menggunakan fasilitas autocalculate....
   a.Count         b. Sum        c. Average         d. Sum      e. Count nums

8. Alamat sel yang tidak akan berubah apabila dicopy atau diduplikat disebut....
   a.Sel absolut       b.Sel relatif         c.Range       d.Kolom       e.Baris

9. Format cell number yang berfungsi untuk memformat sesuai dengan yang sudah terpakai yaitu....
   a.Custom            b.Text                c.Special       d.Fraction       e.Accounting

10. Pemformatan untuk memberikan mata uang pada angka atau data berupa numerik disebut....
   a.Format persen    
   b.Format currency
   c.Format date
  d.Format sel
  e.Formar general

11. Sarana untuk memberi pengamanan pada lembar kerja yaitu disebut....
   a.Protection           b.Border           c.Alignment             d.Number           e.Scientific

12. Range adalah....
    a.Pertemuan antara workbook
    b.Pertemuan antara work sheet
    c.Kumpulan sel sembarang
    d.Kumpulan sel berbentuk persegi panjang
    e.Pertemuan antara baris dan kolom

13. Fungsi autocalculate yang digunakan untuk penjumlahan adalah....
     a.Average        b. Max        c. Min        d. Sum     e. If

14. Sel semiabsolut ditandai dengan .... Pada kolom atau baris.
     a.&        b. %        c. @        d. $         e. *

15. Salah satu langkah untuk melakukan copy adalah dengan menekan tombol kombinasi....
     a.Ctrl + A       b. Ctrl + Z         c. Ctrl + C        d. Ctrl + D         e. Ctrl +B


 KUNCI JAWABAN:
1.       D
2.       A
3.       C
4.       B
5.       A
6.       A
7.       C
8.       A
9.       A
10.   B
11.   A
12.   E
13.   D
14.   D
15.   C



















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar