BAB 5 MEMASUKKAN
DAN MENYUNTING DATA PADA EXCEL 2007
A.
Tipe
Data Masukkan
Berikut
ini adalah prosedur memasukkan berbagai macam tipe data tersebut :
1.
Teks
atau label
Data tipe teks adalah
kombinasi antara huruf, angka, spasi, dan tanda baca lain yang tidak dapat
digunakan untuk operasi matematika.
Langkah untuk memasukkan dta
tipe teks ke suatu sel adalah sebagai berikut:
a)
Kilik
penunjuk sel pada posisi sel yang akan diisi data masukkan.
b)
Ketik
data yang diingikan.
c)
Tekan
Enter, Tab atau geser mouse untuk berpindah ke posisi sel lain.
2.
Angka
atau numeric
Data tipe angka meliputi
karakter angka 0 sampai 9, dan karakter khusus meliputi: +-/.,() dan %.
Langkah untuk memasukkan
data tipe angka sebagai berikut:
a)
Klik
mouse pada posisi sel anda saat akan memasukkan data angka.
b)
Ketik
angka, untuk angka negative diawali dengan tanda –(kurang) atau diapit dengan
tanda kurung ().
c)
Tekan
enter, default format angka ditempatkan rata kanan.
3.
Tanggal dan waktu
a)
Klik
mouse pada posisi sel untuk menempatkan data tanggal atau waktu.
b)
Ketik
tanggal dan waktu dalam format yang ingi anda tampilkan menggunakan tanda
hubung kurung (-) atau garis miring (/), misalkan 10 maret 2007 jam 20;15 dapat
diketik dengan format 10/03/07 20;15, 10-03-07 20;15 tergantung setting pada
computer.
c)
Tekan
tombol enter untuk mengakhiri data masukkan.
B.
Entri
data berurutan
Untuk memasukkan data
berurutan (rangkaian) data, misalnya nomor urut, dengan cara sebagai berikut:
1.
Klik
sel A2, kemudian ketik angka 1.
3.
Sorot
Range A2:A3.
4.
Tempatkan
mouse pointer di pojok
kanan bawah dari range
tersebut,
sehingga membentuk symbol +.
5.
Klik dan jangan
lepas, kemudian geser hingga sel akhir, misalnya sampai A6.
6.
Lepaskan tombol
mouse dan hasilnya terlihat sebagai berikut,
Selain dengan cara tersebut di atas, membuat nomor urut dapat juga dilakukan dengan cara berikut,
1 . Klik sel A2,kemudian ketik angka 1.
2 . Tempatkan mouse pointer dipojok kanan bawah pada sel A2
tersebut, sehingga membentuk simbol plus+
3 . Tekan tombol Ctrl dan jangan dilepas.
4 . Klik dan jangan lepas, kemudian geser hingga sel akhir,
yaitu sampai sel A6.
Formula atau rumus tentu saja dapat
digunakan untuk membuat entri data berurutan. Cara yang digunakan adalah
sebagai berikut:
1. Klik
sel A2, kemudian ketik angka 1.
2. Ketik
sel A3.
3. Ketik
=.
4. Klik
sel A2, kemudian + 1, sehingga di layar terlihat formula + A2 +1.
5. Tekan
tombol enter atau klik ikon enter pada formula bar.
6. Tempatkan
mouse pointer di pojok kanan bawah pada sel A3 dan akan terlihat simbol plus
hitam (+).
7. Klik
dan jangan dilepas, kemudian geser (drag) hingga sel akhir, yaitu sampai sel
A6.
8. Lepaskan
tombol mouse dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas.
Apabila
anda akan membuat data tanggal berurutan, gunakan cara berikut,
1. Klik
sel tertentu sesuai keinginanya, misal A1.
2. Ketik
data awal tanggal, misalnya 1/5/10 untuk tanggal 1 mei 2010.
3. Tempatkan
mouse pointer di pojok kanan bawah pada sel A1, sehingga membentuk simbol (+).
4.
Klik dan jangan dilepas, kemudian geser (drag)
hingga sel akhir yaitu sampai sel A10.
C. Memilih
data
Memilh
data adalah salh satu langkah awal sebelum melakukan proses copy, memindahkan
data.
1 . Klik
sel awal, misal A1.
2 . Tekan
tombol shift dan jangan dilepas.
3 . Klik
sel akhirmisalnya E6.
D. Format data
D. Format data
1. Pilih
data yang akan di hapus.
2. Tekan
tombol delete.
3. Data
yang anda pilih atau sorot akan terhapus.
selain
dengan cara tersebut di atas, menghapus data dapat dilakukan dengan cara
sebagai berikut.
1. Pilih
data yang akan dihapus
2. Pada
tab home dan dalam group editing, klik tombol clear.
3. Klik
salah satu pilihan penghapusan sesuai keinginan, misalnya clear all untuk
menghapus data beserta formatnya.
4. Selain
pilihan tersebut, anda dapatmemilih pilihan berikut.
a. Clear
format digunakan untuk menghapus format pada sel atau range yang dipilih.
b. Clear
contents digunakan untuk menghapus data.
c. Clear
comentsdigunakan untuk menghapus catatan pada suatu sel.
E. Memindahkan
data
1. Pilih
atau sorot data yang akan dipindahkan.
2. Pada
tab home dan dalam group clipboard, klik icon cut atau takan tombol Ctrl + X.
3. Pindahkan
penunjuk sel pada sel lain sesuai keinginan.
4. Pada
tab home dan dalam group clipboard klik icon paste atu tekan Ctrl + V.
F.
Duplikat data
1. Duplikat
data ke tempat lain
Apabila anda akan menduplikat data
ke tempat lain, maka gunakan cara:
a. Pilih
data yang di copy
b. Pada
tab home dalam group clipboard, klik icon copy atau tekan tombol Ctrl + C.
c. Tempatkan
penunjuk sel pada posisi baru sesuai keinginan
d.
Pada tab home dan dalam group clipboard, klik ikon
paste atau tekan tombol Ctrl + V atau Shift + Insert.
2. Menyalin
format dengan format painter
a. Pilih
data yang formatnya akan di copy misalnya A2:E7
b. Pada
tab home dan dalam group clipboard, klik format painter.
c. Klik
sel H2.
G.
Membuat range atau blok
sel
Range atau blok sel dapat dibuat
dengan beberapa cara:
1. Membuat
range menggunakan tombol shift
a. Tempatkan
penunjuk sel di awal range atau bagian awal sel yang ingin di blok.
b. Sambil
menekan shift, tekan tombol anak panah sampai sel tujuan.
2. Membuat
range menggunakan mouse
a. Klik
sel di awal, pointer mouse harusberada dalam keadaan tanda plus warna putih.
b. Sambil
tetap menekan klik kiri mouse, gerakan mouse ke sel tujuan.
3. Membuat
kolom atau baris
Suatu kolom atau baris dapat
disorot dengan mengeklik huruf kolom atau nomor baris yang anda inginkan.
4. Menyorot
sederatan kolom atau baris
a. Klik
di huruf kolom atau di nomor baris awal.
b. Sambil
tetap menekan tombol mouse kiri, geserlah pointer mouse hingga menyorot seluruh
baris itu.
H.
Duplikasi data
Sel terbentuk dari alamat kolom dan
baris, misalnya kolom E dan baris 3, maka kita kenal dengan sebutan sel E3.
Sedangkan range terbentuk dari kumpulan sel tertentu yang berada pada daerah
yang sama misalnya sel E3, E4, dan E5, maka kita sebut dengan istilah range
E3:E5. Alamat sel terdiri dari:
1. Sel
relatif
Alamat sel relatif adalah alamat
sel yang apabila dicopy akan menyesuaikan tau akan berubah. Dengan demikian,
apabila alamat sel tersebut berisi suatu formula atau rumus, maka nilai
perhitungan tersebutan akan menyesuaikan.
2. Sel
absolut
Alamat sel absolut merupakan alamat sel yang tidak
akan berubah apabila dicopy. Alamat sel absolut tersebut terdiri dari alamat
sel semi absolut dan absolut mutlak. Sel semi absolut ditandai dengan $ pada
kolom atau baris. Apabila simbol $ berada pada posisi baris, maka disebut
absolut baris, misalnya B$4, dan apabila simbol $ berada pada posisi kolom,
maka disebut absolut kolom, misalnya $c1, sedangkan apabila $ berada diposisi
kolo dan baris, maka disebut dengan absolut mutlak, misalnya $B$4.
Untuk
menyelesaikan hal tersebut, gunakan cara berikut:
a. Klik
sel B4
b. Ketik
=
c. Ketik
sel A4
d. Ketik
*
e. Klik
B1, sehingga terlihat =A4*B1
f. Klik
ikon enter pada formula bar
I I.
Memasukkan rangkaian
data dengan fasilitas autofill
1. Klik
sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang ingin anda buat. Misalnya pilih
klik sel B2.
2. Klik
data awal yang anda inginkan. Misalnya teks “jan”.
3. Pada
sel berikutnya (sel di bawah/B3 atau
disampingnya/C2) ketik data berikutnya yang anda inginkan. Misalnya di B3 ketik
“feb”.
4. Bloklah
B2:B3
5. Dalam
keadaan masih tersorot, arahkan penunjuk ke pojok kana bawah selB3 hingga tanda
plus putih berubah menjadi plus hitam.
6. Tekanlah
tombol kiri mouse dan geser atau drag posisi pointer mouse ke sel yang
diinginkan misalnya B12. Dengan ini rangkaian data akan ditampilkan.
J G.
Menggunakan fasilitas
autocalculate dan autosum
1. Autocalculate
fasilitas autocalculate untuk
melakukan perhitungan dengan cepat dan mudah dari data yang cukup banyak dalam
suatu range tertentu. Terdapat enam buah perintah, yaitu perintah otomatis
untuk menghitung rata-rata (Average), jumlah data (count), banyak data angka
(count nums), nilai max (max), nilai min (min), dan jumlah data angka (sum).
Cara menggunakannya adalah sebagai
berikut,
a.
Sorot range data yang akan dikalkulasi atau
dihitung. Misal sorot rane C7:C12 dari data seperti di bawah ini:
b. Klik
tombol kanan mouse di baris status dan pilihlah jenis kalkulasi yyang anda
inginkan
c. Hasilnya
akan ditampilkan dibaris status.
2. Autosum
Fungsi autocalculate di atas
digunakan untuk menghitung cepat data-data yang cukup banyak tetapi tidak dapat
menuliskan secara otomatis di lembar kerja anda. Khususnya untuk
penjumlahan (Sum), ada cara mudah yang
lain untuk melakukannya, sekaligus juga dapat langsung menuliskannya kelembar
kerja anda. Caranya adalah dengan menggunakan tombol toolbar autosum (O).
Misalnya dalam contoh di atas, bila kita ingin menuliskan total unit, letakkan
lah pointer mouse pada tempat yang kita inginkan (misalnya C13), lalu tekan
tombol O di toolbar. Selanjutnya sorot range yang ingn dijumlahkan (dalam
contoh ini adalah C5:C10) dan tekan enter.
PERTANYAAN:
1. Di bawah ini yang bukan termasuk tipe data masukkan adalah....
a.Teks b.Angka c.Waktu d.Range e.Tanggal
2. Langkah pertama untuk memasukkan data tipe teks, yaitu....
a.Klik penunjuk sel
b.Klik mouse
c.Tekan enter
d.Klik sel
e.Klik sel A2
3. Karakter angka 0 sampai 9, dan karakter khusus meliputi, + - / . , ( ) dan % merupakan tipe data....
a.Teks b.Tanggal c.Angka d.Waktu e.Image
4. Salah satu langkah awal sebelum melakukanproses copy, memindahkan data atau fomat data disebut....
a.Format data b.Memilih data
c.Entri data baru d.Data masukkan e.Memindahkan data
5. Untuk menghapus data pada lembar kerja yaitu menggunakan....
a.Tombol delete b.Enter c.Pg up d.F7 e.F5
6. Untuk memberi border pada bagian bawah tabel yang di blok, menggunakan ikon....
a.bottom border
b. top border
c. left border
d. right border
e.all border
7. Untuk menghitung rata-rata dengan sepat dan mudah menggunakan fasilitas autocalculate....
a.Count b. Sum c. Average d. Sum e. Count nums
8. Alamat sel yang tidak akan berubah apabila dicopy atau diduplikat disebut....
a.Sel absolut b.Sel relatif c.Range d.Kolom e.Baris
9. Format cell number yang berfungsi untuk memformat sesuai dengan yang sudah terpakai yaitu....
a.Custom b.Text c.Special d.Fraction e.Accounting
10. Pemformatan untuk memberikan mata uang pada angka atau data berupa numerik disebut....
a.Format persen
b.Format currency
c.Format date
d.Format sel
e.Formar general
11. Sarana untuk memberi pengamanan pada lembar kerja yaitu disebut....
a.Protection b.Border c.Alignment d.Number e.Scientific
12. Range adalah....
a.Pertemuan antara workbook
b.Pertemuan antara work sheet
c.Kumpulan sel sembarang
d.Kumpulan sel berbentuk persegi panjang
e.Pertemuan antara baris dan kolom
13. Fungsi autocalculate yang digunakan untuk penjumlahan adalah....
a.Average b. Max c. Min d. Sum e. If
14. Sel semiabsolut ditandai dengan .... Pada kolom atau baris.
a.& b. % c. @ d. $ e. *
15. Salah satu langkah untuk melakukan copy adalah dengan menekan tombol kombinasi....
a.Ctrl + A b. Ctrl + Z c. Ctrl + C d. Ctrl + D e. Ctrl +B
KUNCI JAWABAN:
1.
D
2.
A
3.
C
4.
B
5.
A
6.
A
7.
C
8.
A
9.
A
10.
B
11.
A
12.
E
13.
D
14.
D
15.
C
0 komentar:
Posting Komentar