Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KIKI INDAH PRATIWI KELAS: XI. IPS 3 (BAB 6 "FORMAT PADA EXCEL" DAN PERTANYAAN)

FORMAT DATA PADA EXCEL 

A. MENGATUR LEBAR KOLOM
Berikut beberapa cara mengatur lebar kolom,
1. Mengatur Lebar Kolom Menggunakan Mouse
a. Arahkan pointer mouse pada batas kanan kolom yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi tanda panah dua arah.
Catatan: Bila ingin mengubah lebar sederet kolom, terlebih dahulu bloklah kolom yang akan diubah lebarnya, kemudian tempatkan pointer mouse ke batas kanan salah satu kolom tersebut.
b. Klik tombol kiri mouse, dan sambil terus menekan mouse geser (drag)-lah mouse hingga lebar kolom sesuai yang diinginkan.

 2. Mengatur Lebar Kolom Sesuai Data Terpanjang
a. Arahkan pointer mouse pada batas kanan huruf kolom yang akan diubah lebarnya.
b. Klik dua kali pada batas kolom. Lebar kolom akan mengikuti data terpanjang yang ada pada kolom .

B. MENGATUR TINGGI BARIS 
1. Arahkan pointer mouse pada batas bawah baris yang akan di ubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi tanda panah dua arah.
Catatan: bila ingin mengubah tinggi sederet baris, terlebih dahulu bloklah baris yang akan di ubah tingginya, kemudian tempatkan pinter mouse ke batas bawah salah satu baris tersebut.
2. Klik tombol kiri mouse, dan sambil terus menekan mouse, geser (drag)-lah mouse hingga tinggi baris sesuai yang diinginkan.

C. MENGATUR FORMAT TAMPILAN HURUF 
Data yang diketikkan pada lembar kerja dapat ditampilkan dengan berbagai bentuk untuk memudahkan dan membuat variasi dalam lembar kerja Anda. Bentuk huruf (font), ukuran huruf (size), garis bawah (underline), warna huruf (color), dan efek khusus lainnya dapat Anda tambahkan dalam data. Pemformatan huruf dapat ditempuh melalui perintah yang ada dibaris menu dan toolbar.
1. Format Melalui Perintah di Baris Menu
a. Sorot sel atau range yang akan anda format.
b. Pilih dan klik menu format (O), cells tersebut, klik tab Font.
c. Tambahkan efek khusus yang diinginkan pada teks dan klik OK.

2. Format Melalui Toolbar
Tabel Jenis-jenis Perintah Toolbar untuk Melakukan Format Tampilan Huruf Toolbar Jenis Perintah Keterangan Fungsi Text Font Memilih bentuk huruf (font) / Font Size Mengubah ukuran huruf (size) Bold Menampilkan huruf tebal (bold) Italic Menampilkan huruf miring (italic) Underline Memberi garis bawah (underline) Font Color Memilih warna huruf (font color)

D. MERATAKAN TAMPILAN DATA
Bila diperlukan, Anda dapat mengatur tampilan data yang tersimpan pada suatu sel atau range tertentu agar posisinya ditampilkan rata kanan,kiri, ditengah sel atau di tengah beberapa kolom tertentu. Ada dua cara yang dapat ditempuh dalam melakukan perataan tampilan data ini, yakni dengan menggunakan perintah yang ada di baris menu dan toolbar.
1. Meratakan Data dengan Perintah di Baris Menu
a. Sorotlah sel atau range yang akan Anda ubah tampilan datanya.
b. Pilih dan klik menu Format (O), Cells (ctrl+1), dan kotak dialog Format Cells akan ditampilkan.
c. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Alignment
d. Lakukan pemilihan sesuai keinginan Anda pada kotak:
1) Vertical : digunakan untuk memilih perataan secara vertical. Pilihan yang dapat dilakukan adalah Top (rata atas), Center (rata tengah), Bottom (rata bawah), Justify (seluruh data ditampilkan pada sel secara penuh).
2) Horizontal : beberapa pilihan yang dapatdilakukan adalah, General Huruf ditampilkan rata kiri dan angka rata kanan Left (indent) Data ditampilkan rata kiri Center Data ditampilkan rata tengah Right Data ditampilkan rata kanan Fill Mengisi seluruh sel dengan mengulang data Justify Data ditampilkan pada sel secara penuh Center Across Selection Data ditampilkan ditengah-tengah beberapa kolom 3) Orientation : untuk mengatur orientasi data dan derajat kemiringannya. 
e. Klik OK

2. Meratakan Data dengan Perintah pada Toolbar
Tabel Perintah Meratakan Data pada Toolbar Toolbar Perintah Keterangan Align Left Data ditampilkan rata kiri Center Data ditampilkan rata tengah Align Right Data ditampilkan rata kanan Merge and Center Menyambung beberapa kolom, dan menaruh data ditengah kolom baru tersebut

E. Menambahkan Garis Pembatas dan Bingkai 
 Berikut langkah-langkahnya,
1. Sorotlah sel atau buatlah range, tempat yang akan diberi bingkai.
2. Pilih dan klik menu format (O), Cells (CTRL+1). Lalu klik tab border. Kotak dialog akan tampil seperti berikut,
3. Pada bagian presets, pilih dan klik salah satu tombol berikut,
a. None, digunakan untuk menghapus garis pembatas dan bingkai.
b. Outline, digunakan untuk membuat bingkai di sekeliling sel atau range.

4. Pada bagian Border, pilih dan klik garis pembatas yang diinginkan.
5. Pada kotak pilihan Style, pilih jenis garis yang diinginkan.
6. Pada kotak Color, pilihlah jenis warna yang diinginkan.
7. Gambar dibagian border adalah preview bingkai atau garis pembatas yang telah Anda set. Klik OK bila sudah selesai.

F. MENYISIPKAN SEL, BARIS, dan KOLOM 
Kadangkala kita perlu untuk menyisipkan bariss atau kolom karena saat memasukkan atau mengetikkan data, ternyata ada data-daata yang terlewat. Langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah seperti berikut ini, 
1. Sorotlah sel, atau buatlah range tempat sel, baris, atau kolom baru akan disisipkan.
2. Pilih dan klik di baris menui:
a. Insert, Rows untuk menyisipkan baris baru
b. Insert, Column untuk menyisipkan kolom baru
c. Insert, Cells untuk menyisipkan sel baru.

G. MENGHAPUS SEL, BARIS, dan KOLOM 
Selain data yang terlewat, terkadang kita juga menemukan data-data yang mengalami penulisan dua kali. Untuk memperbaiki penulisan data dapat ditempuh dengan menghapus sel, baris ataupun kolom.
1. Sorot sel atau range tempat sel, baris atau kolom yang akan dihapus.
2. Pilih dan klik menu Edit, Delete, Kotak Dialog Delete akan ditampilkan.
3. Pilih dan klik salah satu pilihan berikut ini,
a. Shift Cells Left, digunakan untuk menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada baris sama disebelah kanannya.
b. Shift Cells Up, digunakan untuk menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada kolom sama disebelah kanannya.
c. Entire Row, digunakan untuk menghapus seluruh baris pada sel atau range yang Anda sorot.
d. Entire Column, digunakan untuk menghapus seluruh kolom pada sel atau range yang Anda sorot.
4. Klik OK.


PERTANYAAN : 

1. Untuk menampilkan huruf tebal (bold), Anda dapat memilih jenis perintah....
a. Text Font b. Bold c. Font Size d. Italic e. Underline

2. Data ditampilkan rata kanan, dapat dilakukan dengan cara mengklik...
a. Align Left b. Center c. Align Right d. Justify e. Bold

3. Perintah untuk mengubah lebar kolom adalah...
a. Menghapus Format Cells d. Menghapus satu karakter b. Menghapus Komentar e. Menghapus dua karakter c. Menghapus Semuanya

4. Cara menyisipkan kolom adalah dengan...
 a. Insert  Coloumn d. Insert  Name  Define b. Insert  row e. Insert  Chart c. Insert  worksheet

5. Untuk meletakkan hasil dari copy yang telah dilakukan, digunakan...
a.CTRL+X b. CTRL+Z C. CTRL+V D. CTRL+O E. CTRL+N

 6. Setiap lembar sebar, termasuk Ms.Excel, pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan...
a. Cell b. Define C. Row d. Coloumn e. Range

7. Untuk keluar dari program Excel dapat digunakan perintah...
a. Alt+F4 c. Alt+Print Screen e. CTRL+E b. Alt+F2 d. Ctrl+O

 8. Digunakan untuk menghapus garis pembatas dan bingkai adalah fungsi dari...
a. None c. Inside e. Clear b. Outline d. Border

 9. Center berfungsi untuk...
 a. Data ditampilkan rata kiri d. Data ditampilkan rata kanan b. Data ditampilkan rata tengah e. Membuat Bingkai c. Menyambung beberapa kolom

10. Ikon yang berfungsi untuk memilih warna huruf, yaitu...
 a. font Color b. fill color c. chart d. open e. print

11. Pilihan preset pada kotak dialog format Cell yang digunakan untuk membuat bingkai di sekeliling sel atau range yang disorot yaituu...
A. None b. Outline c. Inside d. Border e. Style

12. Daerah tertentu yang merupakan kumpulan dari beberapa Cell disebut...
a. Cell b. Define c. Row d. Column e. Range

13. Anda dapat membatalkan pemasukkan data dengan menekan tombol...
 a. ESC c. Tab e. Alt b. Enter d. Caps Lock

14. Perintah untuk mengubah lebar kolom adalah...
a. Format, Column, Autofit selection d. Format, Coloumn, Width b. Format, Coloumn, Hide e. Format, Coloumn, Auto Format c. Format, Coloumn, Unhide

15. Pertemuan antara kolom E dan baris Ke-5 disebut sel...
 a. E1 B. E3 C. E5 D. C5 E. D5


Kunci Jawaban: 1. b 2. c 3. d 4. a 5. c 6. a 7. a 8. a 9. b 10. a 11. d 12. e 13. a 14. d 15. c

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar